Pages

Rabu, 24 Oktober 2012

ATM(Asyncrous Transfer Mode)

Pada artikel kali ini saya ingin membahas tentang ATM (Asyncrous Transfer Mode). Apa itu yang dimaksud ATM(Asyncrous Transfer Mode)? Sebelum mengenal Asyncrous Transfer Mode kita harus mengetahui apa itu Switching. Switching adalah adalah metode jaringan komunikasi digital yang biasanya digunakan untuk pengiriman packet dalam jaringan. Switching juga ada banyak macamnya. Salah satunya adalah Frame Relay dan ATM ( Asynchronous Transfer Mode ). Kali ini, hanya ini saja yang akan saya jelaskan. Karena ini adalah sistem pengiriman data yang paling populer dalam sistem jaringan.
Header ATM (Asynchronous Transfer Mode)
Setelah itu saya akan membahas arsitektur dari ATM (Asynchronous Transfer Mode). ATM adalah merupakan sebuah teknologi lapisan 2, yang dapat digunakan oleh siapa saja, namun sekaligus merupakan sebuah jaringan publik sebagaimana halnya Internet, dengan sistem pengalamatan yang dikelola secara rapi, sehingga setiap perangkat di dalam jaringan dapat memiliki sebuah identitas yang unik. ATM ini uga merupakan perkembangan dari Packet Switching dan Frame Relay. Sistem ini mempunyai paket data sebanyak 48 oktet di setiap paket data, dan setiap paket memiliki 5 oktet untuk headernya.
Karakterisk ATM
Teknologi ATM menawarkan dua karakteristik yang memperbaiki tingkat kecepatan transfer data. Pertama, besarnya paket yang dikomunikasikan menjadi lebih kecil jika dibandingkan dengan protokol-protokol untuk sistem telepon, sehingga memungkinkan paket-paket dari pengguna yang berbeda yang melewati jaringan pada waktu yang bersamaan dapat dikelompokkan secara merata. Karakteristik ATM yang kedua adalah mengingkatnya kecepatan, dari 25 hingga 155 Mbps. Bahkan, peralatan ATM dapat menggabungkan 16 saluran menajadi satu untuk menghasilkan kecepatan transfer hampir sebesar 2,5 juta bit per detik.
KONEKSI ATM
Permanent Virtual Circuit (PVC) : koneksi logis antara dua end system yang, seperti namanya, permanen. Artinya adalah bahwa hal itu biasanyadibuat jauh sebelum digunakan dan tetap di tempat untuk waktu yang lamasampai sambungan tidak diperlukan lagi. Path routing adalah permanen.Bandwidth dialokasikan untuk PVC baik digunakan atau tidak. Secarakonseptual, PVC seperti layanan jalur pribadi.Dua jenis PVC yang tersedia: Virtual Path Connection (VPC) dan VirtualChannel Connection(VCC).

=> Switched Virtual Circuit (SVC)- koneksi logis antara dua pelanggan yangdidirikan dan didekonstruksi dengan akses dan prosedur pensinyalan jaringan(call setup diperlukan). jalan Routing bersifat sementara (hanyaselama sambungan diperlukan). Bandwidth dialokasikan secara dinamisseperti yang diperlukan.

=> Signaling-adalah proses menyiapkan jalur routing sementarasebelum sambungan dibuat (path routing berada di semua tabel routingdi sepanjang jalur tersebut).Satu pihak menelepon meminta sambungan. Pihak yang dipanggilharus melihat apakah itu mungkin. Jika mungkin, mengirim pesan kembali.Switch mengatur tabel routing untuk membuat koneksi. Setelah koneksiterakhir diakui diterima, tabel routing setup, dan siap untuk sambungan tersebut.
Satu pihak menelepon meminta sambungan. Pihak yang dipanggilharus melihat apakah itu mungkin. Jika mungkin, mengirim pesan kembali.Switch mengatur tabel routing untuk membuat koneksi. Setelah koneksiterakhir diakui diterima, tabel routing setup, dan siap untuk sambungan tersebut.
Proses yang terjadi saat routing sel melalui switch ATM(fungsi yangmelakukan switching):
a.VPI / VCI Translation :
Switch mengubah nilai di header untuk routingyang tepat (VPI / VCI alamat ini hanya berlaku pada setiap link.
b.Routing:
menentukan port output yang benar untuk sel denganmenggunakan tabel routing untuk routing ke saklar berikutnya.
c.Buffer:
dapat menyimpan sel sementara di buffer sampai dapat disampaikan.
Jalur Koneksi Virtual (VPC) yang diaktifkan tergantung pada VPI. VirtualChannel Connections (VCC) didasarkan pada nilai-nilai VPI dan VCI dan dapatditugaskan dalam VPC. Sebuah Permanent Virtual Path (PVP) sudah diatur secara manual menetapkan VCIs ke jalur yang unik.

0 komentar:

Posting Komentar