Pages

Kamis, 15 Maret 2012

Cara pembutan Game dan Aplikasi yg digunakan serta Jenis-jenis Game

Seiring perkembangan zaman sudah banyak sekali aplikasi Game yang ada saat ini, mulai dari permainan yang sangat simple sampai dengan permainan yang sangat menguras otak. Betuk-bentuk game pun pada saat ini sangat bermacam-macam mulai dari 2D sampai dengan yang 3D.
Game juga merupakan salah satu aplikasi yang sangat berkembang pesat di dunia, perubahan dan juga selera dari si-Pengguna sangat mempengaruhi programer untuk berkeja lebih keras serta menampilkan jenis game yang terbaru dan disukai oleh pasaran. Salah satu yang membuat game itu sempurna adalah dengan mengetahui tahap-tahap apa saja yang dibutuhkan untuk membuat game, yaitu antara lain:

Tahap Pertama – Menentukan jenis game yang akan dibuat

contoh dengan menentukan game yang akan dibuat 2D atau 3D lalu, berapa rentan usia yang di targetkan dalam game yang akan dibuat. Lalu tentukan juga berdasarkan settinganya, bagaimana strategi yang digunakan.

Tahap Kedua - Menentukan Cerita Game
Membuat game seperti membuat film, dan banyak sekali game-game yang dibuat berdasarkan novel, buku cerita dan film-film. Contohnya saja sperti Starwars, Lord of the ring, Spiderman dan sebagainya.

Tahap Ketiga- Mencari bahan-bahan yang dibutuhkan
Bahan-bahan disini maksudnya adalah seperti gambar-gambar untuk mendukung game ini seperti gambar pemandangan, gambar bangunan, gambar robot dan sebagainya. Selain itu juga dibutuhkan bahan-bahan untuk efek suara seperti musik untuk latar belakang game, efek ledakan, efek tembakan, efek mouse diklik dan lain sebagainya.Bagian ini termasuk bagian yang susah sekali terutama bagi programmer karena kebanyakan programmer tidak pandai dalam hal – hal yang berbau seni. Pada bagian ini kita membutuhkan seorang artist designer.

Tahap Keempat – Implementasi Program

Bagian ini adalah bagian yang paling susah karena membutuhkan skill pemrograman yang cukup, pemahaman tentang pemrograman berorientasi objek, grafika komputer dan juga pengetahuan tentang directX dan disini lah inti dari pembuatan game, yaitu pengkodingan atau mengimplementasi ke dalam program. Pada tahap ini di butuhkan pemahaman tentang pemograman yang berorientasi objek, grafika komputer dan juga pengetahuan tentang bahasa pemograman tersebut.

Tahap kelima – Testing dan Perbaikan Program
Ini adalah tahap akhir dari semua perjalanan pembuatan game yaitu pengecekan program aplikasi game yang anda buat. Dalam tahap ini pengecekan yang dilakukan sebaiknya dilakukan oleh orang lain, agar kita dapat mengetahui pendapat orang lain.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat game sebagai berikut:

Membuat Game Berbasis Flash

1. AlbinoBlackSheep

2. FlashKit

3. Kirupa

4. Lassie Adventure Studio

5. Sploder

Membuat Game Standard dan Panduannya

6. Anim8or

7. Byond

8. Game Discovery

9. Martin Piecyk’s Website

10. VGMusic

11. Visionaire2d

12. YoYoGames

Membuat Game RPG

13. Charas-Project

14. CrankEye

15. DualSolace

16. FreeMMORPGMaker

17. PhanxGames

18. PlayerWorlds

19. RPG Maker

20. RPGCrisis

21. RPG Revolution

Berdasarkan jenis atau alat yang digunakan yaitu sebagai berikut :

Arcade games
Yaitu yang sering disebut dengan ding-dong (di indonesia), pada game ini biasa berada dalam tempat khusus atau dalam suatu box yang biasa di rancang untuk jenis video games tertentu.

PC Games
Yaitu video games yang dimainkan menggunakan personal computer.

Console games
Yaitu games yang dimainkan menggunakan suatu console tertentu, seperti PS, PS2, PS3, Nitendo Wii, dll

Handheld games
Yaitu games yang dimainkan juga menggunakan suatu console tertentu namun console yang dapat dibawa kemana-mana, seperti Nitendo DS dan PSP.

Mobile games
yaitu games yang dimainkan khusus untuk mobile phone atau PDA.

Multipleyer Online
Yaitu game yang sedang trend di indonesia bahkan didunia. Game ini dimainkan secara online sistem pembayaran biasanya menggunakan voucer. Game ini dapat dimainkan lebih dari 2 orang atau secara bersamaandalam dunia virtual, contonya seperti : Ragnarok Online, O2jam, World of Warcraft, Ayo Dance, dll

Advergames
Yaitu games yang biasanya di buat untuk memberitahukan / mengundang langsung / media iklan/ media promosi. Biasanya games jenis ini menampilkan produk-produk atau brand mereka secara terang-terangan atau tersembunya.

1 komentar: