BUDAYA DAN MODERNISASI
Definisi Modernisasi
Modernisasi dapat sebagai perubahan-perubahan masyarakat yang bergerak dari keadaan yang tradisional atau dari masyarakat pra modern menuju kepada suatu masyarakat yang modern. Pengertian modernisasi berdasar pendapat para ahli adalah sebagai berikut.
A. Soerjono Soekanto, modernisasi adalah suatu bentuk dari perubahan sosial yang terarah yang didasarkan pada suatu perencanaan yang biasanya dinamakan social planning. (dalam buku Sosiologi: suatu pengantar)
Menurut Soerjono Soekanto bahwa sebuah modernisasi memiliki syarat-syarat tertentu, yaitu sebagai berikut.
a. Cara berpikir yang ilmiah yang berlembaga dalam kelas penguasa ataupun masyarakat.
b. Sistem administrasi negara yang baik, yang benar-benar mewujudkan birokrasi.
c. Adanya sistem pengumpulan data yang baik dan teratur yang terpusat pada suatu lembaga atau badan tertentu.
d. Penciptaan iklim yang menyenangkan dan masyarakat terhadap modernisasi dengan cara penggunaan alat-alat komunikasi massa.
e. Tingkat organisasi yang tinggi yang di satu pihak berarti disiplin, sedangkan di lain pihak berarti pengurangan kemerdekaan.
f. Sentralisasi wewenang dalam pelaksanaan perencanaan sosial.
C. Widjojo Nitisastro, modernisasi adalah suatu transformasi total dari kehidupan bersama yang tradisional atau pramodern dalam arti teknologi serta organisasi sosial, ke arah pola-pola ekonomis dan politis.
Orientasi Perubahan
Yang dimaksudkan orientasi atau arah perubahan di sini meliputi beberapa orientasi, antara lain (1) perubahan dengan orientasi pada upaya meninggalkan faktor-faktor atau unsur-unsur kehidupan sosial yang mesti ditinggalkan atau diubah, (2) perubahan dengan orientasi pada suatu bentuk atau unsur yang memang bentuk atau unsur baru, (3) suatu perubahan yang berorientasi pada bentuk, unsur, atau nilai yang telah eksis atau ada pada masa lampau. Tidaklah jarang suatu masyarakat atau bangsa yang selain berupaya mengadakan proses modernisasi pada berbagai bidang kehidupan, apakah aspek ekonomis, birokrasi, pertahanan keamanan, dan bidang iptek; namun demikian, tidaklah luput perhatian masyarakat atau bangsa yang bersangkutan untuk berupaya menyelusuri, mengeksplorasi, dan menggali serta menemukan unsur-unsur atau nilai-nilai kepribadian atau jatidiri sebagai bangsa yang bermartabat. Dalam memantapkan orientasi suatu proses perubahan, ada beberapa faktor yang memberikan kekuatan pada gerak perubahan tersebut, yang antara lain adalah sebagai berikut, (1) suatu sikap, baik skala individu maupun skala kelompok, yang mampu menghargai karya pihak lain, tanpa dilihat dari skala besar atau kecilnya produktivitas kerja itu sendiri, (2) adanya kemampuan untuk mentolerir adanya sejumlah penyimpangan dari bentuk-bentuk atau unsur-unsur rutinitas, sebab pada hakekatnya salah satu pendorong perubahan adanya individu-individu yang menyimpang dari hal-hal yang rutin., (3) mengokohkan suatu kebiasaan atau sikap mental yang mampu memberikan penghargaan (reward) kepada pihak lain (individual, kelompok) yang berprestasi dalam berinovasi, baik dalam bidang sosial, ekonomi, dan iptek, (4) adanya atau tersedianya fasilitas dan pelayanan pendidikan dan pelatihan yang memiliki spesifikasi dan kualifikasi progresif, demokratis, dan terbuka bagi semua pihak yang membutuhkannya.
Jejak Langkah Modernisasi
Modernisasi, menunjukkan suatu proses dari serangkaian upaya untuk menuju atau menciptakan nilai-nilai (fisik, material dan sosial) yang bersifat atau berkualifikasi universal, rasional, dan fungsional. Lazimnya suka dipertentangkan dengan nilai-nilai tradisi. Modernisasi berasal dari kata modern (maju), modernity (modernitas), yang diartikan sebagai nilai-nilai yang keberlakuan dalam aspek ruang, waktu, dan kelompok sosialnya lebih luas atau universal, itulah spesifikasi nilai atau values. Sedangkan yang lazim dipertentangkan dengan konsep modern adalah tradisi, yang berarti barang sesuatu yang diperoleh seseorang atau kelompok melalui proses pewarisan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Umumnya tradisi meliputi sejumlah norma (norms) yang keberlakuannya tergantung pada (depend on) ruang (tempat), waktu, dan kelompok (masyarakat) tertentu. Spesifikasi norma-norma dan tradisi bila dilihat atas dasar proses modernisasi adalah sebagai berikut, (1) ada norma-norma yang bersumber dari tradisi itu, boleh dikatakan sebagai penghambat kemajuan atau proses modernisasi, (2) ada pula sejumlah norma atau tradisi yang memiliki potensi untuk dikembangkan, disempurnakan, dilakukan pencerahan, atau dimodifikasi sehingga kondusif dalam menghadapi proses modernisasi, (3) ada pula yang betul-betul memiliki konsistensi dan relevansi dengan nilai-nilai baru. Dalam kaitannya dengan modernisasi masyarakat dengan nilai-nilai tradisi ini, maka ditampilkan spesifikasi atau kualifikasi masyarakat modern, yaitu bahwa masyarakat atau orang yang tergolong modern (maju) adalah mereka yang terbebas dari kepercayaan terhadap tahyul. Modernisasi menunjukkan suatu perkembangan dari struktur sistem sosial, suatu bentuk perubahan yang berkelanjutan pada aspek-aspek kehidupan ekonomi, politik, pendidikan, tradisi dan kepercayaan dari suatu masyarakat, atau satuan sosial tertentu. Modernisasi suatu kelompok satuan sosial atau masyarakat, menampilkan suatu pengertian yang berkenaan dengan bentuk upaya untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang sadar dan kondusif terhadap tuntutan dari tatanan kehidupan yang semakin meng-global pada saat kini dan mendatang. Diharapkan dari proses menduniakan seseorang atau masyarakat yang bersangkutan, manakala dihadapkan pada arus globalisasi tatanan kehidupan manusia, suatu masyarakat tertentu (misalnya masyarakat Indonesia) tidaklah sekedar memperlihatkan suatu fenomena kebengongan semata, tetapi diharapkan mampu merespons, melibatkan diri dan memanfaatkannya secara signifikan bagi eksistensi bagi dirinya, sesamanya, dan lingkungan sekitarnya. Adapun spesifikasi sikap mental seseorang atau kelompok yang kondusif untuk mengadopsi dan mengadaptasi proses modernisasi adalah, (1) nilai budaya atau sikap mental yang senantiasa berorientasi ke masa depan (2) nilai budaya atau sikap mental yang senantiasa berhasrat mengeksplorasi dan mengeksploitasi potensi-potensi sumber daya alam, dan terbuka bagi pengembangan inovasi bidang iptek. (3) nilai budaya atau sikap mental yang siap menilai tinggi suatu prestasi dan tidak menilai tinggi status sosial, karena status ini seringkali dijadikan suatu predikat yang bernuansa gengsi pribadi yang sifat normatif, sedangkan penilai obyektif hanya bisa didasarkan pada konsep seperti apa yang dikemukakan oleh D.C. Mc Clelland (Koentjaraningrat, 1985), yaitu achievement-oriented, (4) nilai budaya atau sikap mental yang bersedia menilai tinggi usaha fihak lain yang mampu meraih prestasi atas kerja kerasnya sendiri.
Tanpa harus suatu masyarakat berubah seperti orang Barat, dan tanpa harus bergaya hidup seperti orang Barat, namun unsur-unsur iptek Barat tidak ada salahnya untuk ditiru, diambil alih, diadopsi, diadaptasi, dipinjam, bahkan dibeli. Manakala persyaratan ini telah dipenuhi dan keempat nilai budaya atau sikap mental yang telah ditampilkan telah dimiliki oleh suatu masyarakat tersebut. Khusus untuk masyarakat di Indonesia, sejarah masa lampau mengajarkan bahwa sistem ekonomi, politik, dan kebudayaan dari kerajaan-kerajaan besar di Asia seperti India dan Cina, yang diadopsi dan diadaptasi oleh kerajaan-kerajaan di Nusantara ini, seperti Sriwijaya dan Majapahit, namun fakta sejarah tidak membuktikan bahwa orang-orang Sriwijaya dan Majapahit, dalam pengadopsian dan pengadaptasian nilai-nilai kebudayaan tadi sekaligus menjadi orang India atau Cina. Proses modernisasi sampai saat ini masih tampak dimonopoli oleh masyarakat perkotaan (urban community), terutama di kota-kota Negara Sedang Berkembang, seperti halnya di Indonesia. Kota-kota di negara-negara sedang berkembang menjadi pusat-pusat modernisasi yang diaktualisasikan oleh berbagai bentuk kegiatan pembangunan, baik aspek fisik-material, sosio-kultural, maupun aspek mental-spiritual. Kecenderungan-kecenderungan seperti ini, menjadikan daerah perkotaan sebagai daerah yang banyak menjanjikan kehidupan yang lebih baik bagi penduduk pedesaan, terutama bagi generasi mudanya. Obsesi semacam ini menjadi pendorong kuat bagi penduduk pedesaan untuk beramai-ramai membanjiri dan memadati setiap sudut daerah perkotaan, dalam suatu proses sosial yang disebut urbanisasi. Fenomena demografis seperti ini, selanjutnya menjadi salah satu sumber permasalahan bagi kebijakan-kebijakan dalam upaya penataan ruang dan kehidupan masyarakat perkotaan. Sampai dengan saat sekarang ini masalah perkotaan ini masih menunjukkan gelagat yang semakin ruwet dan kompleks.
Budaya dan Modernisasi Pengaruhi Perilaku Seks
Sebuah penelitian yang dikomandoi Lesslie Butt Ph.d, seorang peneliti Aksi Stop AIDS Family Health International (ASA/FHI) bekerja sama dengan United State Agency for International Development (USAID) dan Lembaga Penelitian Universitas Cendrawasih menggali hubungan antara rata-rata infeksi HIV/AIDS dan kebudayaan dan perubahan sosial di Papua. Alasannya sejumlah penelitian menyebutkan bahwa 97 persen faktor penyebaran HIV/AIDS di Papua melalui hubungan seksual. Propinsi ini memiliki prevalensi kasus HIV/AIDS paling tinggi di Indonesia. Data Dinas Kesehatan Propinsi Papua menyebutkan kasus HIV/AIDS di wilayahnya mencapai 634 kasus per 31 Oktober 2001. Dalam satu tahun ini, kasus tersebut telah meningkat sepertiga dibanding tahun lalu. Sebagian besar penyebarannya diketahui akibat hubungan heteroseksual maupun homoseksual. Sementara sedikit lainnya terjadi pada proses kehamilan bayi dan transfusi darah. Menurut Lesslie Butt yang juga pengajar di Universitas Victoria Australia, perspektif budaya dan modernisasi memiliki efek besar mempengaruhi kegiatan seksualitas sehari-hari. Kepercayaan kematian, kecantikan, nafsu, acara perkawinan maupun berpacaran. Namun perubahan sosial sangat besar terpengaruh sistem keuangan global dan pemerintahan. Begitu pula masih kuatnya sistem lokal seperti sanksi dan pembayaran mas kawin. Dampak modernisasi lingkungan seksual Papua di antaranya komersialisasi hubungan seksual, konsep dan perilaku baru, perubahan struktur perkawinan dan tanggungjawab keluarga. Efek modernisasi menyebabkan seks komersial lebih tersebar luas melalui mobilitas ke kota. Ini didorong hal-hal baru seperti film porno dan minuman keras.
Penelitian 14 hari ini dilakukan dengan mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif melalui survei seksualitas umum di Kabupaten Merauke, Jayawijaya, Jayapura dan Sorong. Metode lainnya travel diaries untuk mendapatkan informasi kebenaran tinggi tentang perilaku seksual sehari-hari. Termasuk melihat sejauh mana hubungan antara pelaku seksual dan faktor-faktor lain seperti pemakaian kondom, pola minum dan mobilitas.Prosentase responden yang melakukan hubungan seks dengan lebih satu pasangan dalam tahun terakhir sejumlah 29 persen dan 27 persen pada satu pasangan. Rata-rata penyakit menular seksual 16 persen dengan perbedaan selisih gender minimal. Pengaruh budaya terhadap perilaku seksual itu termasuk sistem sanksi atau denda bila terjadi hubungan di luar pernikahan, perubahan pembayaran mas kawin dan cara perkawinan seperti poligami. Ada empat macam perilaku seksual berisiko tinggi dalam masyarakat. Di antaranya prosentase responden yang berhubungan seks pertama kali di bawah umur 16 tahun, seks laki-laki di atas umur 30 tahun dengan wanita di bawah usia 20 tahun remaja 25 tahun yang pernah berhubungan seks sebelum usia 20 tahun dan yang pernah melakukan seks antre. Semua itu berkaitan dengan pengetahuan tentang HIV/AIDS dan penggunaan kondom. Responden yang pernah mendengar HIV/AIDS dan yang bisa menyebut kondom masih kecil. Seks komersial adalah sistem hubungan seks resmi yang terbagi beberapa tingkat. Drs. Jake Morin M.Kes salah satu peneliti ASA/FHI mengatakan, waria merupakan risiko tinggi seksual di Abepura dan Sorong berjumlah 225 orang. Mereka banyak tinggal sendiri, menyewa kamar terlepas dari keluarga. Pekerjaan waria bervariasi. Ada di bar, pekerja seks jalanan, pegawai negeri, pegawai swasta dan pegawai salon. “Pekerjaan di salon merupakan proporsi paling banyak. Dan frekuensi penggunaan dan pengetahuan kondom sangat rendah.” ujar Morin,
Sedangkan kelompok risiko tinggi pekerja seks komersial (PSK) di Papua kurang lebih 2000 orang di kota. Tempat tinggalnya di kamar sewaan. kelab malam, lokalisasi dan rumah pribadi. Para pekerja seks di Merauke, Wamena dan Sorong berasal dari berbagai daerah. Mayoritas pekeda seks ‘terbuka’ di jalanan adalah wanita asli Papua. Pekerja seks di bar, lokalisasi dan terselubung adalah pendatang. Sedangkan pekerja seks jalanan tertutup (hubungan seks di kamar hotel atau di rumah) campuran pendatang dan Papua. Penelitian ini memberi tiga rekomendasi pencegahan melalui perubahan perilaku, pencegahan lewat promosi solidaritas masyarakat dan pencegahan kelompok risiko tinggi. Secara umum harus mencegah dengan menaikkan kesadaran pamakaian kondom di desa, karena kesempatan hubungan seksualnya sama tinggi dengan kota. Selain itu, program mengedarkan masyarakat soal masalah remaja sangat diperlukan. Untuk waria harus dibangun program menaikkan kesadaran bersama dengan masyarakat secara umum tentang bahaya seks anal tanpa kondom. eduardus karel dewanto.
Pengaruh positif modernisasi
Modernisasi sesungguhnya merupakan suatu perkembangan dari nasionaliasasi,yaitu suatu gerakan untuk membuat segala sesuatu menjadi rasional dan dapat di terima oleh nalar manusia dampaknya adalah budaya-budaya tradisional yang berisfat irasional akan termarginaliasasikan bahkan hanyut oleh budaya-budaya modernisasi.kondisi yang demikian ini telah membuat masyarakat dunia menjadi suatu system pergaulan, apalagi dengan dibukanya system perdagangan bebas dari seluruh masyarakat dunia. Upaya-upaya ini berbentuk perombakan pandangan-pandangan irasional menjadi pandangan-pandangan yang rasional sehingga efektivitas dan produktifitas manusia meningkat.adapun pengaruh-pengaruh modernisasi yang positif sebagai berikut:
· Meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja manusia sebagai akibat bertambahnya pengetahuan,bertambahnya peralatan yang serba canggih dan bertambahnya jarak komunikasi manusia di dunia
· Meningkatkan prokduktivitas kerja manusia
· Meningkatnya volume ekspor
· Tersediannya berbagaimacam barang komsumsi
· Berkembanganya ilmu pengetahuan dan teknologi
· Meluasnya lapangan pekerjaan
· Munculnya profesionalisme dan spesialisasi ketenagakerjaan
Pengaruh negatif modernisasi
Sebagaimana disinggung di depan bahwa di balik keuntungan-keuntungan akibat modernisasi dan globalisasi juga muncul pengaruh-pengaruh yang negative yang merugikan kelompok-kelompok masyarakat tertentu yaitu: modernisasi yang sering kali tampak sebagai munculnya peralatan-peralatan baru dan sistem-sistem berpikir yang rasional yang telah menimbulkan dampak yang negatif antara lain sebagai berikut.
· Adanya perusakan alam dan pencemaran lingkungan
· Adanya sikap konsumenrisme
· Adanya penurunan kualitas moral manusia(demoralisme)
· Adanya keresahan sosial
· Menurunya kemandirian dalam menghadapi masalah
· Meningkatnya sikap egois dan materealis
Respons Masyarakat terhadap Perubahan Sosial Budaya
Perubahan sosial budaya yang terjadi dalam masyarakat, ada masyarakat yang dapat menerima dan ada yang tidak dapat menerima. Masyarakat yang tidak dapat menerima perubahan biasanya masih memiliki pola pikir yang tradisional. Pola pikir masyarakat yang tradisional mengandung unsur-unsur dibawah ini:
1. bersifat sederhana,
2. memiliki daya guna dan produktivitas rendah,
3. bersifat tetap atau monoton,
4. memiliki sifat irasional, yaitu tidak didasarkan pada pikiran tertentu.
Sedangkan perilaku masyarakat yang tidak bisa menerima perubahan sosial budaya, di antaranya sebagai berikut.
1. Perilaku masyarakat yang bersifat tertutup atau kurang membuka diri untuk berhubungan dengan masyarakat lain;
2. Masih memegang teguh tradisi yang sudah ada;
3. Takut akan terjadi kegoyahan dalam susunan/struktur masyarakat, jika terjadi integrasi kebudayaan;
4. Berpegang pada ideologinya dan beranggapan sesuatu yang baru bertentangan dengan idielogi masyarakat yang sudah ada
Masyarakat tradisional cenderung sulit menerima budaya asing yang masuk ke lingkungannya, namun ada juga yang mudah menerima budaya asing dalam kehidupannya. Hal ini disebabkan unsur budaya asing tersebut membawa kemudahan bagi kehidupannya. Pada umumnya, unsur budaya yang membawa perubahan sosial budaya dan mudah diterima masyarakat adalah, jika:
1. unsur kebudayaan tersebut membawa manfaat yang besar,
2. peralatan yang mudah dipakai dan memiliki manfaat,
3. unsur kebudayaan yang mudah menyesuaikan dengan keadaan masyarakat yang menerima unsur tersebut.
Unsur budaya yang tidak dapat diterima oleh masyarakat adalah:
1. unsur kebudayaan yang menyangkut sistem kepercayaan,
2. unsur kebudayaan yang dipelajari taraf pertama proses sosialisasi.
Sebaliknya, masyarakat modern yang memiliki pola pikir yang berbeda. Unsur yang terkandung dalam pola pikir masyarakat modern adalah:
1. bersifat dinamis atau selalu berubah mengikuti perkembangan zaman,
2. berdasarkan akal pikiran manusia dan senantiasa mengembangkan efisiensi dan efektivitas, serta
3. tidak mengandalkan atau mengutamakan kebiasaan atau tradisi masyarakat.
Ascent Of Man
Lower Than The Angels
Buku ini menjelaskan tentang hubungan saling keterkaitan dengan teknologi/system informasi yang berkembang,kemalasan manusia,serta hubungan dengan film wall-e cuplikannya dapat dilihat disini. Isi dari buku ini adalah tentang kehidupan manusia sejak 400 ribu tahun yang lalu dan selama itulah dapat dilihat banyaknya perubahan pada bumi dan juga manusia serta semua mahluk hidup yang ada di dalam bumi.pentingnya menjaga planet bumi yang semakin tua ini sepertinya banyak terlupakan oleh manusia,padahal dibumi lah tempat manusia hidup dan menjalani aktifitasnnya, ini terbukti dengan adanya evolusi bumi yaitu perubahan lempeng tanah serta bencana alam yang makin mengkhawatirkan. Contoh sederhana yang sering kita dapakan di Jakarta yaitu bencana banjir,banjir biasanya diakibatkan oleh tumpukan sampah yang menyumbat aliran air. Cerita tentang semakin banyaknya sampah di bumi di tuangkan dalam film wall-e , pada film ini bumi dikatakan sudah tidak layak untuk ditempati,karena begitu banyaknya tumpukan sampah serta permasalahan cara mendaur ulangnya.
Dengan semakin berkembangnya teknologi akhirnya manusia dalam film ini menciptakan sebuah robot yang disebut wall-e , robot ini diciptakan satu dan untuk membersihkan seluruh sampah-sampah yang ada di dunia selama 700 tahun bekerja dan manusia berada di luar angkasa dengan pesawat luar angkasa yang mereka buat. Dalam kenyataan manusia tidak mampu hidup ratusan tahun di dalam pesawat luar angkasa, disini dapat kita simpulkan bahwa Ilmu yang berkembang/Teknologi yang baik tidak dapat ditunjang dengan kemalasan.
Alat-alat yang diciptakan manusia dengan ilmu dan teknologi , mungki akan menjadi alasan untuk menjadi malas, kecuali ilmu itu dapat dipergunakan dengan baik.Lower than the angel (red.lebih rendah dari malaikat) harusnya menjadi cambuk bagi para manusia, kenapa?, karna manusia sebenarnya diciptakan sebagai mahluk yang paling tinggi derajatnya dibandingkan dengan mahluk lainnya,apalagi dengan kelebihan dapat berfikir.
Oleh karna itu mulai dari sekarang mari merawat bumi yang sudah mulai menua, sebagai tanda syukur kita kepada yang Maha Kuasa yang telah menciptakan kita.
The Harvest of Season
Semua tahapan terpisah itu kita dari nenek moyang siamang kita. Itu terbeset beberapa jutaan tahun. Kemudian di situ adalah riwayat budayanya: gelombang setelah badai panjang dari peradaban terpisah itu kita dari minoritas terus hidup suku perburuan dari Afrika, atau dari makanan gatherers dari Australia. Dan semua detik itu, celah budaya kenyataannya berkerumun ke dalam beberapa ribu tahun. Ini pulang hanyalah tentang duabelas ribu tahun – sesuatu berlalu sepuluh ribu tahun, tapi banyak kurang dari duapuluh ribu. Mulai sekarang aku harus hanya menjadi membicarakan tentang terakhir itu duabelas ribu tahun yang mengandung hampir keseluruhan pendakian dari orang saat kita berpikir dari dia sekarang. Namun perbedaan di antara kedua-duanya angka, yang, di antara skala waktu biologi dan budaya, adalah sangat hebat bahwa aku tidak dapat meninggalkan ini tanpa satu kerling mundur.
Ini ambil paling sedikit dua juta tahun untuk orang ubah dari gelap kecil ciptaan dengan batu pada tangannya, Australopithecus di Afrika Pusat, ke bentuk modern, Sapiens homoseksual. Yang langkah dari evolusi biologi – sungguhpun evolusi biologi dari orang telah lebih cepat dibandingkan yang lain binatang. Tapi yang ini telah mengambil banyak kurang dari duapuluh ribu tahun untuk Homoseksual Sapiens untuk menjadi ciptaan yang kamu dan aku bercita-cita: artis dan ahli sains, ahli bangunan kota dan perencana untuk masa depan, pembaca dan pelancong, penjelajah ingin dari fakta alami dan emosi manusia, sekali lebih kaya di pengalaman dan bolder di imajinasi dibandingkan apapun nenek moyang kita. Yang langkah dengan evolusi budaya; satu kali ini buka, pergi ini sebagai rasio dari itu dua pergi angka, paling tidak seratus kali evolusi lebih cepat dibandingkan biologi.
Satu kali ini buka: yang frasa rumit. Kenapa perubahan budaya yang mempunyai membuat orang sarjana dalam ilmu bumi memulai sangat baru-baru ini? Duapuluh ribu tahun berselang anak-buahi di semua bagian dari dunia yang dia telah menjangkau adalah satu forager dan satu pemburu, siapa paling ilmu pengetahuan tentang teknik lanjutan adalah untuk menyertakan sendiri ke satu gembala berpindah sebagai Lapps masih lakukan. Oleh tahun ribu sepuluh berselang yang mempunyai berubah, dan yang dia telah mulai di beberapa tempat untuk membiasakan beberapa binatang dan untuk menanami beberapa pabrik; dan yang adalah perubahan dari peradaban yang mana buka. Ini luar biasa untuk memikirkan bahwa hanya pada terakhir duabelas ribu tahun yang punya peradaban, saat kita memahami ini, dibuka. Di sana harus adalah satu eksplosi luar-biasa. Ini adalah akhir dari Zaman Es terakhir.
Kita dapat menangkap tampilan dan, sebagaimana, smel dari perubahan pada beberapa pemandangan hal sungai es. Bersemi di permainan ulang Islandia sendiri setiap tahun, tapi ini satu kali dimainkan sendiri berlalu Eropa dan Asia ketika es yang mundur. Dan anak-buahi, siapa mempunyai datang lewat kapal keras yang tidak masuk akal, telah kembara atas dari Afrika berlalu juta tahun terakhir, telah perangi melalui Zaman Es, tiba-tiba mendirikan berbunga halus dan sekitar yang hewan dia, dan menggerakkan ke dalam satu berbeda semacam hidup.
Ini biasanya dipanggil ’ revolusi pertanian ’. Tapi aku berpikir dari ini seperti sesuatu banyak lebih luas, revolusi biologi. Di sana dijalin di dalamnya cocok tanam dari pabrik dan penjinakan dari binatang pada satu semacam lompatan katak. Dan di bawah sini operasikan perbuatan nyata rumit orang itu mendominasi lingkungannya di dalamnya paling penting aspek, tidak secara fisik kecuali pada taraf dari makhluk hidup palnts dan binatang. Dengan yang di situ datangi satu dengan sama revolusi sosial powerfull. Karena sekarang ini menjadi mungkin lebih dari tersebut, ini jadi diperlukan – untuk menganak-buahi atasi. Dan ciptaannya yang telah menjelajahi dan berbaris untuk satu juta tahun yang harus membuat keputusan rumit: apakah akan dia gencat satu nomad dan menjadi satu orang desa. Kita punya satu rekaman anthoropological dari berjuang dari hati nurani dari seseorang yang membuat keputusan ini: rekaman adalah Kitab Injil, Buku Perjanjian Lama. Aku meyakini peradaban itu bersandarkan keputusan itu. Seperti untuk orang-orang siapa jangan terbuatnya, ada sedikit orang yang selamat. Terdapat beberapa nomad suku yang masih membicarakan secara tuntas ini luas transhumance bepergian dari sesuatu menyerempet asas ke lain: Bakhtiari di Ajam, antara lain. Dan kamu yang punya sebenarnya untuk dilaksanakan perjalanan dengan mereka dan kehidupan dengan mereka untuk memahami peradaban itu tidak pernah dapat tumbuh senantiasa bergerak.
Segalanya di hidup nomad adalah tanpa tanda peringatan. Bakhtiari Yang selalu telah berjalan-jalan sendirian, sangat tak terlihat. sukai nomad lain, mereka berpikir dari diri mereka sendiri seperti sekeluarga, anak lelaki dari pendiri tunggal. (pada cara yang sama bangsa yahudi dipergunakan untuk panggil themselve anak-anak dari israel atau Jacob). bakhtiari mengambil nama mereka dari satu gembala legendary dari waktu Mongol, Bakhyar. legenda dari asal mereka sendiri yang mereka katakan dari dia berawal.
Dan ayah dari orang bukit orang-orang kita, Bakhtyar, keluar dari kecepatan dari southren gunung di era zaman purba. bijinya adalah sebanyak goyang pada gunung, dan orang-orangnya makmurkan.
Gema tentang kitab injil membunyikan berulang-ulang sebagai cerita lanjutkan. kepala keluarga Jacob Yang punya dua isteri, dan telah kerjakan sebagai satu gembala untuk tujuh tahun untuk masing-masing sebesar mereka. bandingkan kepala keluarga dari Bakhtiari:
Yang pertama istri dari Bakhtyar Yang punya tujuh anak lelaki, ayah dari tujuh baris saudara dari orang-orang kita. istri detiknya punya empat anak lelaki. dan anak lelaki kita harus mengira isteri anak perempuan dari ayah mereka tendanya saudara, kalau-kalau berkumpul dan tenda menjadi dispersi.
Seperti dengan anak-anak dari Israel, berkumpul adalah terpenting; mereka bukan terbongkar dari urus dari tukang cerita (atau dewan penasehat perkawinan) untuk beberapa saat.
Sebelum 10000 nomad BC orang-orang dipergunakan untuk ikuti migrasi alami dari gembala liar. tapi biri-biri dan kambing tidak punya migrasi alami. mereka yang pertama tentang ribu sepuluh terbiasa tahun berselang hanyalah anjing adalah satu pengikut berkemah alder dibandingkan tersebut. dan ketika menganak-buahi mereka terbiasa, dia tanggung tanggungjawab dari sifat alami; nomad harus memimpin gembala tanpa pengharapan.
Peran dari wanita di suku nomad di narowlly mendefinisikan. di atas semua, fungsi dari perempuan adalah untuk menghasilkan anak-anak orang-orang; terlalu banyak anak-anak dia adalah satu kemalangan langsung, karena pada akhirnya mereka mengancam bencana. terpisah dari tersebut, bea mereka tiduran mempersiapkan makanan dan pakaian. antara lain, perempuan antara Bakhtiari membakar roti pada etika tentang kitab injil, pada kue tidak beragi pada batu panes. tapi para wanita dan masa penantian perempuan untuk memakan hingga yang orang-orang telah makan. orang-orang seperti, lives dari pusat perempuan pada berkumpul. mereka memperah susu gembala, dan mereka membuat satu yoghurt bergumpal dari susu dengan mengocok ini pada satu kantong kulit kambing pada satu bingkai kaku primitif. mereka punya hanyalah teknologi sederhana taht dapat ditangani harian mengadakan perjalanan dari menempatkan tempatkan. kesederhanaan tidak romantis; ini adalah satu hal survival. everthing harus tersinari cukup dibawa, untuk dibuat tiap sore dan dikemasi jauh lagi tiap pagi. ketika wol spin perempuan dengan sederhana mereka, alat masa lampau, ini adalah untuk penggunaan langsung, untuk membuat reparasi yang penting pada perjalanan tidak ada lagi.
Tidaklah mungkin pada hidup nomad untuk membuat hal-hal yang tidak akan diperlukan untuk beberapa minggu. mereka tidak dapat dibawa. dan sesungguhnya Bakhtiari tidak mengetahui bagaimana caranya membuat mereka. kalau mereka memerlukan teko logam, mereka mengukarkan mereka dari orang-orang teratasi atau dari satu kasta pekerja gipsi siapa specialise pada logam. satu kuku, satu pijakan kaki, satu anak-anakan, atau satu belnya anak adalah apapun yang ditukar dari luar suku. hidup bakhtiari adalah juga sempit untuk mempunyai waktu atau keterampilan untuk specialisation. ada tidak ada kamar untuk inovasi, karena di situ dan pergi semua hidup mereka, untuk mengembangkan satu alat baru atau satu baru thougth tidak bahkan suatu nada baru. satu-satunya adat kebiasaan yang terus hidup adalah adat kebiasaan yang tua. satu-satunya ambisi dari anak lelaki adalah untuk seperti ayah.
Ini adalah hidup tanpa fitur. tiap malam adalah akhir dari satu hari seperti terakhir, dan tiap pagi akan begining dari satu perjalanan seperti hari sebelum. ketika pecah hari, ada satu pertanyaan di semua orang urus: dapat berkumpul menjadi peroleh dalam yang akan datang kelulusan tinggi? Satu hari pada perjalanan, kelulusan paling tinggi dari semua harus diseberangi. ini adalah Zadeku kartu tanda lewat, duabelas ribu foot tinggi pada Zagros, yang berkumpul harus bagaimanapun juga menggelut melalui atau susup di dalamnya jangkauan bagian atas. untuk suku harus maju, gembala harus menemukan gembala lagi tiap hari, karena di pengembalaan kemuliaan ini dilelahkan di hari tunggal.
Setiap tahun Bakhtiari menyeberangi enam jangkauan pegunungan pada perjalanan keluar (dan seberangi mereka lagi untuk kembali). mereka berbaris melalui salju dan banjir bersemi siram. dan di hanyalah sesuatu menghormati mempunyai hidup mereka memajukan berada di luar ribu sepuluh tersebut tahun berselang. nomad dari saat itu yang harus melaksanakan perjalanan berjalan kaki dan membawa pak mereka sendiri. Bakhtiari Yang punya kuda binatang beban, keledai, keledai yang mempunyai hanyalah telah dibiasakan sejak saat itu. tidak ada yang lain pada hidup mereka adalah baru. dan tidak ada apapun adalah mengesankan. Nomad tidak punya tanda peringatan, bahkan ke mati (Yang Bakhtyar, yang Jacob terpendam?) Satu-satunya gundukan tanah yang bangun mereka adalah untuk menandai jalannya di tempat demikian sebagai Kelulusan dari perempuan, curang tapi lebih mudah untuk hewan dibandingkan kelulusan tinggi.
migrasi bersemi dari Bakhtiari adalah satu pengembaraan gagah berani; dan namun Bakhtiari adalah tidak begitu banyak gagah berani sebagai orang yang tabah. mereka diundurkan diri karena tidak dimanapun juga pimpinan pengembaraan. gembala musim panas themselve hanya akan menjadi satu stop anak-anak tidak sama dengan palce dari Israel, untuk mereka di situ adalah tidak ada darat dijanjikan. kepala dari yang keluarga telah mengerjakan tujuh tahun, seperti Jacob lakukan, untuk membangun satu berkumpul dari lima puluh biri-biri dan kambing. dia mengharapkan untuk kehilangan sepuluh mereka pada imigration kalau hal-hal pergi baik. kalau mereka pergi dengan sangat buruk, dia mungkin kehilangan duapuluh di luar pagar dari itu lima puluh. itu adalah aneh dari hidup nomad, tahun di dan tahun keluar. dan berada di luar tersebut, pada akhir dari perjalanan, di sana akan masih menjadi kecuali tidak ada apapun satu tak terukur, pelepasan jabatan tradisional.
Siapa mengetahui, di tiap orang tahun, apakah yang tua ketika yang mereka telah menyeberangi kartu tanda lewat akan mampu untuk rupa final uji: penyeberangan dari Sungai Bazuft? tiga bulan air pelelehan telah membengkak sungai. tribesmen, perempuan, binatang beban dan berkumpul adalah semua lelah. ini akan mengambil satu hari untuk menghajar berkumpul ke seberang tiver. tapi ini, di sini, sekarang adalah hari test. hari ini adalah hari pada yang mana muda menjadi orang-orang, karena survival dari gembala dan keluarga bergantung kepada kekuatan mereka. menyeberangi Sungai Bazuft seperti penyeberangan Jordan; ini adalah baptis ke kedewasaan. untuk anak muda, hidup untuk beberapa saat nampak hidup sekarang. dan untuk yang tua untuk yang tua, ini meninggal.
Apa yang terjadi untuk yang tua ketika. mereka tidak dapat menyeberangi sungai terakhir? tidak ada apapun. Mereka tinggalkan memeninggal. hanyalah anjing dibingungkan untuk melihat satu orang satu bandoned. orang menerima adat nomad; dia telah datang ke akhir dari perjalanannya, dan di situ adalah tidak ada menempatkan pada bagian akhir.
Lajang paling besar mengganggu pendakian dari orang adalah perubahan dari nomad ke pertanian desa. apa dibuat mungkin itu? satu ulah dari akan oleh Orang-orang, sungguh pasti; tapi dengan tersebut, satu asing dan rahasia ulah dari sifat alami. pada ledakan dari nabati lagi pada akhir dari Zaman Es, satu gandum bastar tampak di timur tengah. ini terjadi pada beberapa tempat: satu sesuatu khas adalah oase masa lampau dari Jericho.
Jericho adalah lebih tua dibandingkan pertanian. yang pertama orang-orang yang datang kemari dan diatasi oleh bersemi di ini jika tidak asas hancur adalah orang-orang yang memanen gandum, tapi belum mengetahui bagaimana caranya mengebunkan ini. kita mengetahui ini karena mereka membuat alat untuk panen liar, dan yang adalah satu potongan luar-biasa dari bidik-depan. mereka membuat di luar pagar arit dari batu api yang mana telah terus hidup; Jhon Garstang mendirikan mereka ketika dia sedang menggali sini pada 1930. arit masa lampau tepi akan telah disetel di masing-masing horn rusa, atau tulangi.
Di sana tidak lagi terus hidup, berdasarkan pada hll atau tel dan ini miringkan, semacam gandum liar itu orang setempat paling awal panen. tapi lalang itu masih sini harus terlihat sangat seperti gandum yang mereka dirikan, bahwa mereka mengumpulkan untuk pertama kali oleh segenggam, dan potong dengan yang sawing bergerak pada arit pengetam itu telah pergunakan bagi seluruh tahun ribu sepuluh sejak itu. yang Natufian pra civilisation pertanian. dan, tentu, ini tidak dapat bertahan. ini berada di atas susur dari makin pertanian. dan yang adalah hal berikutnya yang terjadi pada Jericho Tel.
Titik putar ke awur dari pertanian pada Masa Lampau hampir bisa dipastikan kejadian dari dua bentuk gandum dengan satu besar, kepala penuh dari biji. sebelum 8000 gandum BC bukan pabrik berlebih ini adalah hari ini; ini sekadar satu dari banyak liar merumput taht mengawurkan sepanjang timur tengah. oleh beberapa kecelakaan genetik, gandum liar berselisih dengan satu rumput kambing alami dan dibentuk satu bastar biak. itu kecelakaan harus dimiliki terjadi kerap kali pada bersemi nabati yang tersembul setelah Zaman Es terakhir. dalam kaitan dengan permesinan genetik itu perkembangan langsung, ini berkombinasi empat belas kromosom dari gandum liar dengan empat belas chrmosomes dari rumput kambing, dan dihasilkan Emmer dengan duapuluh delapan kromosom. yang apa membuat Emmer sekian banyak plumper. bastar mampu untuk awur secara alami, karena ini membibiti terikat kasih sayang dengan kulit sedemikian yang mereka sebar pada angin.
Untuk bastar seperti itu biak adalah jarang tetapi bukan unik antara pabrik. tapi sekarang cerita dari hidup tanaman kaya yang katut Zaman Es menjadi lebih kejut. di sana adalah satu kecelakaan genetik detik, yang yang mungkin sudah tiba sekitar karena Emmer telah ditanami. Emmer berselisih dengan rumput kambing alami lain dan satu statis dihasilkan bastar lebih besar dengan empatpuluh dua kromosom, yaitu gandum roti. yang cukup tidak mungkin dengan sendirinya, dan kita mengetahui sekarang roti itu gandum tidak akan telah biak tapi untuk satu mutasi genetik spesifik pada kromosom sesuatu.
Namun di situ adalah apapun bahkan orang asing. sekarang kita yang punya satu telinga indah dari gandum, tapi sesuatu yang yang tidak akan pernah terangin-angin pada angin karena telinga adalah juga ketat untuk pisahkan. dan kalau aku mematahkan ini atas, kenapa, kemudian sekam terbang kabur dan tiap-tiap reruntuhan buah biji-bijian persis dimana ini tumbuh. biar aku mengingatkan kamu, itu sangat berbeda dari gandum liar atau dari yang pertama, bastar primitif, Emmer. di bentuk primitif itu telinga adalah jauh lebih buka, dan kalau telinga memisahkan maka kamu memperoleh benar-benar akibat berbeda kamu memperoleh buah biji-bijian yang yang akan terbang pada angin. gandum roti telah kehilangan bahwa kemampuan. tiba-tiba, orang dan pabrik sudah tiba bersama-sama. orang punya satu gandum yang dia lives oleh, tapi gandum juga memikirkan orang itu dibuat untuk dia sebab hanyalah sangat dapatnya menjadi sebarkan. untuk gandum roti dapat hanya memperbanyak dengan pertolongan; orang harus memanen telinga dan menyebar biji mereka; dan hidup dari masing-masing, orang dan pabrik, bergantung kepada yang lain. ini adalah satu dongeng peri benar dengan genetik, seperti kalau keturunan civilisation telah diberkahi sebelumnya oleh semangat dari Gregor Mendel kepala biarawan.
Satu kata penghubung bahagia dari peristiwa alami dan manusia menciptakan pertanian. pada Masa Lampau yang terjadi sekitar ribu sepuluh tahun berselang, dan ini terjadi pada Bulan Sabit biak dari timur tengah. tapi ini sungguh pasti terjadi lebih dari satu kali. pertanian certanly hampir ditemukan lagi dan dengan mandiri pada Dunia Baru atau seperti itu kita bersandar bukti kita sekarang punyai jagung itu orang dibutuhkan menyukai gandum. seperti untuk Timur Tengah dia, pertanian terangin-angin di sini dan di sana berlalu slop kemiringan berbukit-bukitnya, dari yang mana pendakian dari Laut Mati ke Judea, daerah pedalaman dari Jericho, ada di satu karakteristik terbaik potongan dan tidak ada lagi. pada satu rasa harafiah, pertanian mungkin untuk mempunyai beberapa awal pada Bulan Sabit Biak, beberapa di antara mereka sebelum Jericho.
Namun Jericho mempunyai beberapa fitur yang membuat ini menurut sejarah unik dan memberikan ini satu status simbolis darinya sendiri. tidak sama dengan desa terlupakan di tempat lain, ini adalah sangat besar, lebih tua dibandingkan Kitab Injil, lapisan pada saat lapisan dari riwayat, satu kota. gula-gula masa lampau menyiram kota dari Jericho adalah satu oase pada tepi dari sunyi siapa bersemi sedang mengoperasikan dari prasejarah times membenarkan ke dalam kota modern hari ini. di sini gandum dan air mendatangi bersama-sama dan, di rasa itu, di sini orang memulai civilisation. di sini, juga, badui yang mendatangi dengan gelap mereka redam menentang dari sunyi, melihat waspada pada hidup jalan baru. itulah kenapa Joshua membawakan bangsa dari israel suku sini pada cara mereka untuk tanah terjanji karena gandum dan air, mereka membuat civilisation; mereka membuat janji dari satu alir darat dengan susu dan madu. gandum dan air mengarahkan tandus itu kaki gunung ke dalam kota paling tua dari dunia.
Tiba-tiba pada waktu itu Jericho ditransformasikan. orang-orang datang dan segera jadi iri dari jiran mereka, sehingga yang mereka yang harus membentengi Jericho, arahkan ini ke dalam satu kota berdinding, dan bangun satu menara besar, sembilan ribu tahun berselang. menara adalah tigapuluh foot ke seberang pada dasar dan, untuk sesuaikan, hampir tigapuluh foot sungguh-sungguh mendalam. dan mendaki di sisinya lapisan pelahiran maksud penggalian pada saat lapisan dari civilisation masa lalu: awal pra barang tembikar orang-orang, berikutnya pra barang tembikar orang-orang, keturunan barang tembikar tujuh ribu tahun berselang; tembaga awal, gangsa awal, midlle merahtuakan. masing-masing sebesar civilisation ini datangi, menaklukkan Jericho, memakamkan ini, dan bangun sendiri atas; sehingga itu terletak menara tidak begitu banyak pada empatpuluh lima foot tanah seperti pada empatpuluh lima foot civilisations masa lalu.
Jericho adalah satu mikrokosmos riwayat. di sana akan situs lain dirikan di tahun datang (terdapat beberapa sesuatu baru yang penting telah) yang yang akan berganti gambar kita dari awal dari civilisation. namun kekuatan untuk menggantikan tempat ini, penampakan mundur sepanjang pendakian dari manusia modern, dalam dalam hati dan di emosi dengan sama. ketika aku adalah satu anak muda, kita semua pikir penguasaan itu berasal dari dominasinya orang dari lingkungan fisiknya. sekarang kita yang punya belajar bahwa penguasaan kenyataan berasal dari pemahaman dan mencetak lingkungan hidup. yang bagaimana menganak-buahi dimulai pada Bulan Sabit biak ketika dia meletakkan tangannya pada pabrik dan binatang dan, di belajar untuk hidup dengan mereka, mengubah dunia untuk kebutuhannya. ketika Kathleen Kenyon ulang ditemukan menara masa lampau pada 1950, dia mendirikan bahwa ini adalah berongga; dan ke aku, tangga rumah ini adalah sejenis satu proot, satu lubang pengintip ke dasar goyang dari civilisation. dan dasar goyang dari civilisation adalah hidup menjadi, tidak dunia fisik.
Oleh 6000 BC Jericho adalah satu hari perhitungan pertanian besar. Kathleen Kenyon menaksir bahwa ini mengandung tiga ribu orang-orang, dan terliput delapan atau sepuluh akre pada perempuan walls.the giling gandum dengan batu berat menerapkan yang mengenali satu komunitas teratasi. bentuk orang-orang, ditepuk dan cetak lempung untuk bata bangunan, beberapa paling awal dikenal. tanda dari cap jempol pembuat bata masih di situ. orang, sukai gandum roti, kini tetap pada tempatnya. satu komunitas teratasi juga mempunyai satu hubungan berbeda ke mati. orang setempat dari Jericho memelihara beberapa tengkorak dan terliput mereka dengan memperinci dekorasi. tak seorangpun ketahui kenapa, kecuali jika ini adalah satu aksi disebabkan.
Tak seorangpun yang dibawakan berdasarkan pada Buku Perjanjian Lama, seperti aku, dapat meninggalkan Jericho tanpa minta dua pertanyaan; Lakukan Apakah akhirnya menghancurkan kota ini? dan lakukan tembok alangkah datangi terguling bawah? itu adalah pertanyaan yang membawakan orang-orang ke lokasi ini dan putaran ini ke dalam satu legenda hidup. untuk yang pertama pertanyaan, ada satu jawaban mudah: Ya. bangsa dari israel suku sedang memperangi untuk memperoleh ke dalam Bulan Sabit biak yang mana dioperasikan atas pantai Mediteranian, penggelunturan pegunungan dari Anatolia, dan putuskan ke arah Tigris dan Euphrates. dan sini di Jericho adalah kunci itu terkunci cara mereka atas pegunungan dari Judea dan terbongkar ke dalam daerah subur Mediterania. mereka ini harus taklukkan, dan mereka lakukan sekitar 1400 BC tentang tiga ribu tigaratus ke tiga ribu empat ratus tahun berselang. cerita Kitab Injil bukan dicatat hingga barangkali 700 BC; yang, rekening akan dua ribu enam ratus tahun usia sebagai satu rekaman tertulis.
Tapi lakukan tembok mendatangi terguling bawah? kita tidak mengetahui. ada tidak ada bukti arkeologis di sini lokasi itu saran itu seperangkat sesuatu tembok hari baik alangkah mencurah flat. tapi banyak setelan dari tembok mencurah, di waktu yang berbeda. terdapat sebuah Umur Perunggu periode sini dimana seperangkat tembok dibangun kembali paling tidak enam belas kali. karena ini adalah negara gempa. ada gemetaran sini masih tiap hari; ada empat berguncang utama di abad. itu hanyalah di tahun terakhir yang kita yang telah datang ke undestand kenapa gempa mengoperasikan sepanjang lembah ini. terletak laut merah dan Laut Mati sepanjang satu lestarian retak lembah besar dari Afrika Timur. di sini dua diantara lempeng angkut itu daratan saat mereka terapung pada baju hujan denser dari kendara bumi berdampingan. seperti mereka thurst yang lampau satu sama lain sepanjang retak ini, permukaan dari bumi echoes ke goncangan sumur itu atas dari di bawah. sebagai hasil, gempa selalu telah meletus sepanjang poros pada yang mana terletak Laut Mati. Dan pada pandanganku itulah kenapa Kitab Injil adalah penuh dengan ingatan dari keajaiban alami: beberapa banjir masa lampau, beberapa kering berlari dari Laut Merah, Jordan kering berlari, dan tembok dari Jericho menggagalkan.
Kitab injil adalah satu riwayat curiga, pisahkan cerita rakyat dan rekaman bagian. riwayat adalah, tentu, ditulis oleh pemenang, dan Israelis, ketika mereka meledakkan melalui sini, dijadi pembawa dari riwayat. kitab injil adalah cerita mereka: riwayat dari seseorang yang punya berhenti menjadi nomad dan kepastoran dan harus menjadi satu suku pertanian.
Bertani dan peternakan tampak pengejaran sederhana, tapi arit Natufian adalah satu sinyal untuk memperlihatkan kita bahwa mereka tidak diam tidak bergerak. tiap-tiap langkah pada penjinakan dari hidup pabrik dan binatang memerlukan penemuan, mulai yang sebagai alat teknis dan dari yang mengalir prinsip ilmiah. alat dasar dari nimblefingered memikirkan terletak sekitar, tidak mempengaruhi, di apapun desa dimanapun di dunia. persediaan melimpah mereka dari keahlian kekecilan dan akal dan tipu muslihat adalah sebagai banyak akal, dan pada satu rasa dalam seperti penting pada pendakian dari orang, seperti semua piranti dari fisika inti: goda, jarum penggerek, teko, anglo, sekop, kuku, dan sekrup, embusan, dawai, simpul, bayangi, pakaian kuda, cangkuk, tombol penekan, sesuatu sepatu dapat menyebutkan seratus dan tidak menghadang untuk nafas. kesempurnaan berasal dari saling mempengaruhi dari penemuan; satu budaya adalah satu pendarab ide, dimana masing-masing alat baru percepat dan perbesar kekuatan dari sisa.
Mengatasi pertanian menciptakan satu teknologi dari yang mana semua fisika, semua pengetahuan buka. ketika yang dapat melihat ini pada perubahan dari arit awal untuk mendiang. pada mulanya mengerling mereka melihat sangat banyak mirip: arit dari tahun ribu sepuluh berselang gatherer, dan arit dari sembilan ribu tahun berselang ketika gandum ditanami. tapi lihat lebih lekat. gandum ditanami adalah sawed dengan satu tepi bergigi tajam: karena kalau kamu memukul gandum, kemudian akan buah biji-bijian curah ke halus; tapi kalau kamu gergaji perlahannya, buah biji-bijian akan diselenggarakan pada telinga dari jagung. dan arit telah ditiru ini selalu sejak itu ke dalam waktu kanak-kanakku pada perang dunia pertama, ketika arit dibengkok dengan tepi bergigi tajam masih apa kamu memotong gandum dengan. satu teknologi seperti tersebut, pengetahuan fisik menyukai tersebut, datangi ke kami di luar pagar dari tiap-tiap bagian dari hidup pertanian sangat secara spontan yang kita merasakan seperti kalau ide menemukan orang, rada dibandingkan yang lain cara tentang.
Penemuan yang paling kuat pada semua pertanian adalah, tentu, bajak. kita berpikir dari bajak sebagai satu baji membagi tanah. dan baji adalah satu mekanis awal yang penting penemuan. tapi bajak juga apapun jauh lebih fundamental: ini adalah satu ungkit yang mengangkat tanah, dan ini adalah antara yang pertama aplikasi dari prinsip dari ungkit. ketika, merindukan setelah itu, Archimedes menjelaskan teori dari ungkit ke Yunani, dia mengatakan itu dengan satu fulkrum untuk ungkit dia dapat menggerakkan bumi. tapi ribuan tahun sebelum itu ploughmen dari timur tengah sedang mengatakan ‘ Memberikan aku satu ungkit dan aku akan memberi makan bumi ‘.
Aku punya ulang bertanda bahwa pertanian ditemukan paling tidak sekali lagi, banyak kemudian, di Amerika. tapi bajak dan roda bukan, karena mereka bergantung kepada campuran animal.the melangkah berada di luar sederhana pertanian di timur tengah adalah penjinakan dari binatang campuran. kegagalan untuk membuat biologi itu gerakan mempertahankan belakang Dunia Baru pada taraf dari pentung gali dan pak; ini bahkan tidak tanpa diduga rodanya pembuat barang tembikar.
Roda ditemukan untuk pertama kali sebelum 3000 BC di apa kini penemuan selatan awal Russia.these adalah roda kaku yang kekar menyertakan ke satu getek lebih tua atau pengeretan untuk isi gambar, yang di situ oleh adalah convertedinto satu cart.from kemudian pada dan poros sumbu roda menjadi akar ganda dari penemuan yang mana tumbuh. antara lain, ini diarahkan ke dalam satu instrumen untuk gandum gerinda dan mempergunakan kekuatan dari sifat alami untuk lakukan tersebut; kekuatan hewan pertama, dan kemudian kekuatan dari angin dan air. roda menjadi satu model bagi seluruh gerak dari gantian, satu norma keterangan dan satu lambang surgawi dari lebih dari manusia daya di pengetahuan dan di seni matahari alike.the adalah satu kereta perang roda, dan langit sendiri adalah satu roda, bentuk waktu yang babilonia dan dipetakan Yang Yunani pemutaran dari atsir penuh bintang. di alami pengetahuan modern gerak (yang, gerak tak terganggu) masuk satu garis lurus; tapi untuk pengetahuan Yunani, bentuk dari mation bahwa tampak alami (yang, yang tidak bisa dipisahkan di sifat alami) dan sesungguhnya sempurna bergerak tanpa kemajuan.
Kesana-sini waktu yang Joshua Stormed Jericho, kata 1400 Bc, insinyur mesin dari Sumer dan Assyria mengarahkan roda ke dalam satu katrol untuk menggambar air. pada waktu yang sama mereka mendisain besar-besaran irigasi sistem. pemeliharaan vertikal batang masih terus hidup seperti tanda baca ke seberang pemandangan persia. mereka menuruni foot tiga ratus ke qanats atau kanal bawah tanah alat hias itu sistem, di taraf suatu darimana air alami adalah selamat evaporasi. tiga ribu tahun setelah mereka dibuat, perempuan desa dari Khuzistan masih gambar catuan air mereka dari qanats untuk menangani sehari-hari kerja harian dengan komunitas masa lampau.
Qanats adalah satu penghujung konstruksi dari satu civilisation kota, dan menyiratkan keberadaan pada waktu itu hukum untuk mengurus benar air dan masa jabatan mendaratkan dan hubungan kemasyarakatan lain. pada satu komunitas pertanian (besar-besaran petani bertani dari Sumer, sebagai contoh) kepastian hukum yang punya satu karakter berbeda dari hukum nomad yang mengurus pencurian dari satu kambing atau satu biri-biri. sekarang struktur sosial diikat dengan peraturan dari hal pengaruh itu komunitas secara keseluruhan: akses untuk darat, pemeliharaan dan kontrol dari benar air, hak untuk pergunakan, arahkan dan arahkan sekitar, konstruksi mahal pada yang mana panen dari musim tergantung.
Sekarang juga montir desa telah menjadi satu invetor pada benar memilikinya. dia mengombinasikan mekanis dasar prinsip pada alat canggih yaitu, pada hakekatnya, mesin awal. mereka adalah tradisional di timur tengah: mesin bubut tundukan, antara lain, yaitu salah satu perancangan klasik untuk linear pemutaran ke dalam gerak-putar. di sini perancangan tergantung, dengan mahir, pada pemutaran satu dawai membulatkan satu drum dan ikat akhir dawai untuk kedua-duanya akhir dari sejenis tongkat biola. potongan dari kayu dikerjakan terlekat pada drum; ini diarahkan oleh berpindah patuh pada dan fro, sehingga itu dawai berputar drum pegangan itu potongan dari kayu, yaitu dibuat skore oleh satu pahat. kombinasi adalah beberapa ribu tahun usia, tapi aku melihat ini terpakai oleh kepala pembuatan gipsi kaki pada satu kayu di Inggris pada 1945.
Satu mesin adalah satu alat untuk sadap kekuatan di nature.that adalah benar dari gelendong paling sederhana itu perempuan Bakhtiari bawa, serba ke bersejarah reaktor inti pertama dan semua sibuknya progency. namun sebagai yang mesin telah menyadap sumber lebih besar dari kekuatan, ini sudah tiba semakin banyak untuk mendahului penggunaan alami ini. yang ini bahwa mesin di dalamnya bentuk modern sekarang tampak ke kami satu ancaman?
Pertanyaan saat ini membentur kita bergantung pada skala dari kekuatan yang mesin dapat develope. kita dapat meletakkan ini pada bentuk dari alternatif: adalah kekuatan pada skala dari pekerjaan untuk yang mana mesin dipikirkan, atau adalah ini sehingga tidak sebanding bahwa ini dapat mendominasi pengguna dan menyimpangkan penggunaan? pertanyaan oleh karenanya jangkau jauh ke belakang; ini memulai ketika menganak-buahi pertama satu kekuatan pemanfaatan lebih besar dibandingkannya sendiri, kekuatan dari binatang. tiap-tiap mesin adalah satu semacam campuran hewan bahkan reaktor inti. peningkatan ini orang itu surplus telah memenangkan sifat alami sejak awal dari pertanian. dan oleh karenanya tiap-tiap mesin tentang menetapkan dilema asli: apakah ini menyampaikan daya yang aku tanggapi ke permintaan dari ini spesific pergunakan, atau adalah ini satu sumber organisasi inkonvensional dari daya berada di luar pembatas dengan penggunaan bersifat membangun? konflik aku skala dari kekuatan pulang serba ke perkembangan itu waktu di riwayat manusia.
Pertanian adalah seseorang bagian dari revolusi biologi penjinakan dan mengendalikan dari binatang desa adalah yang lain. urutan dari penjinakan adalah sistematis. datangi pertama anjing, barangkali bahkan sebelum 10000 BC. kemudian datangi binatang makanan, memulai dengan kambing dan biri-biri. kemudian datangi binatang campuran seperti onager, satu semacam bodoh liar. binatang menambahkan satu surplus banyak lebih besar dibandingkan mereka konsumsi. tapi yang hanya sampai bertemu kembali benar sebagai binatang tersisa sederhana pada stasiun sesuai mereka, seperti babu dari pertanian.
Ini tak diduga itu binatang jinak harus menghasilkan persis untuk mengandung dalam dirinya, dari kemudian pada, ancaman ke surplus dari buah biji-bijian dengan mana komunitas teratasi lives dan terus hidup. paling tak diduga, karena betapapun ini adalah lembu jantan, pantat, sebagai satu binatang campuran yang telah menolong ciptakan surplus ini. (buku perjanjian lama dengan cermat menghimbau bahwa mereka diperlakukan sumur; sebagai contoh, ini melarang peladang untuk memasang kuk satu lembu jantan dan satu pantat ke bajak bersama-sama, sejak mereka bekerja di cara yang berbeda.) tapi bulatkan sekitar lima ribu tahun berselang, satu hewan campuran baru tampak kuda. dan yang terbongkar dari semua proporsi lebih cepat, lebih kuat, dominan lebih dibandingkan apapun binatang sebelumnya. dan mulai sekarang yang menjadi ancaman ke surplus desa.
Yang kuda telah mulai oleh gambar menggelinding kereta, sukai lembu jantan kecuali rada grander, menggambar kereta perang pada prosesi dari raja. kemudian, di suatu tempat sekitar 2000 BC, orang-orang menemukan bagaimana caranya mengendarai ini. ide harus telah sebagai kejut di dalamnya hari sebagai penemuan dari mesin terbang. untuk satu hal, ini diperlukan satu lebih besar, kuda lebih kuat kuda mula-mula benar-benar binatang kecil dan, sukai llama dari Amerika Selatan, tidak dapat membawa satu orang untuk lama. mengendarai sebagai satu penggunaan serius untuk kuda oleh karenanya berawal pada suku nomad yang berbiak kuda. mereka adalah orang-orang keluar Asia Pusat, Ajam, Afganistan dan berada di luar; pada barat mereka hanya Scythians dipanggil, sebagai satu nama kolektif untuk satu ciptaan baru dan takutkan, satu fenomena sifat alami.
Untuk pengendara dengan nyata lebih dari satu orang: dia adalah kepala orang lain tinggi di atas, dan dia bergerak dengan kekuatan bingung sangat bahwa dia adalah langkah dunia hidup. ketika pabrik dan binatang dari desa telah dijinakkan untuk kegunaan manusia, menaiki kuda adalah satu lebih dari manusia isyaratkan, simbolis ulah dari kekuasaan terlalu total ciptaan. kita mengetahui bahwa ini juga dari wae dan ketakutan yang kuda yang diciptakan lagi pada times historis, ketika Orang Spanyol dinaiki liputi angkatan perang dari Negara Peru (siapa mempunyai jangan paham satu kuda) pada 1532. sehingga, lama sebelum, Scythians adalah satu rasa amat ngeri yang sapu berlalu daerah itu tidak mengetahui ilmu pengetahuan tentang teknik dari berkuda. yunani ketika mereka lihat pengendara Scythian yakini kuda dan pengendara seseorang; yang bagaimana mereka menemukan legenda dari sentaurus. bahwasanya, itu bastar lain manusia setengah dari imajinasi Yunani, orang bernafsu besar, mula-mula tidak memisahkan kambing kecuali pisahkan kuda; sehingga dalam adalah tidak kemudahan itu ciptaan desak dari timur timbul.
Kita tidak dapat berharap menangkap kembali hari ini rasa amat ngeri yang kuda dinaiki membentur ke dalam timur tengah dan Eropa sebelah timur ketika ini pertama appeare. itu karena terdapat sebuah perbedaan dari skala yang aku dapat hanya membandingkan dengan arrivel dari mobil tempur aku polandia pada 1939, menyapu semua sebelum mereka. aku meyakini bahwa kepentingan dari kuda di riwayat Orang Eropa selalu telah mengerti. dalam beberapa hal, peperangan diciptakan oleh kuda, sebagai satu aktivitas nomad. yang apa akhirnya Mongol Yang bawakan, dan membawakan ke satu klimaks di bawah Gelar Penguasa Mongol Genghis banyak kemudian. khususnya, gerombolan bergerak transformasikan organisasi dari pertempuran. mereka membenihkan satu strategi berbeda dari peperangan satu strategi itu seperti satu game perang; bagaimana warmakers suka pada permainan!
Grain In The Stone
Salah satu langkah terbesar manusia adalah munculnya tukang batu. Yang semula tinggal di gua-gua atau rumah-rumah yang terbuat dari bumi, sekarang manusia sudah membangun rumahnya dari kayu dan batu dan batu bata. Mungkin tampak seperti sebuah perubahan kecil tetapi sebenarnya itu besar.
Dan semakin lama kelamaan terbentuknya juga gedung, kota, dan bangunan2 lainnya. Ini merupakan suatu pemahaman baru tentang alam yang menjelaskan bahwa sesuatu yang Anda dapat diambil terpisah, memahaminya lalu kemudian dimasukkan kembali dengan cara baru. Ada lagi pemahaman lainnya yaitu pemahaman munculnya kota-kota. Bahwa tidak hanya secara fisik dengan memberikan bangunan yang diperlukan, tetapi juga dengan memberikan pemahaman baru tentang masyarakat manusia sebagai sesuatu yang terbuat dari bagian-bagian yang bekerja bersama-sama.
Sebuah kota terdiri dari orang-orang yang bekerja sama dengan cara tertentu. Caranya adalah pembagian kerja, antai komando. Cara pembagian kerja contohnya adalah seorang pria melakukan satu jenis pekerjaan dalam hidupnya dan menjadi sangat bagus dengan penemuan-penemuan baru. Tidak hanya para tukang batu, tetapi juga pengrajin lain. Sedangkan antai komando adalah sebuah kota atau orang-orang yang bertindak untuk mencapai hal-hal untuk kebaikan yang lebih besar, seperti pengendalian air irigasi. Informasi datang ke sebuah komandan atau penguasa di pusat.
Manusia mulai mengenal arsitektur bangunan dan patung, hal tersebut membuat manusia mulai berbudaya dan mengenalkan kita kepada hal tersebut. Budaya yang mendorong manusia ingin terus berimajinasi dan mengembangkan struktur-struktur baru. Sejak dari zaman-zaman sebelumnya, mereka sudah mengenal arsitektur-arstektur bangunan. Namun budaya mendorong mereka untuk dapat berimajinasi lebih untuk memciptakan hal-hal baru dalam kehidupa mereka.
Manusia membangun katedral Gothic bukan karena ia tiba-tiba dibutuhkan, tetapi karena ia bisa. Manusia senang sekali membuat hal-hal yang begitu banyak sehingga ia sering membuat sesuatu yang berguna dan lebih baik daripada dia harus merusak dunia. Yang pada gilirannya memungkinkan hal-hal yang akan digunakan di luar tujuan yang telah ditetapkan, mengarah pada cara-cara baru dalam melakukan perubahan sesuatu.
Perkembangan ini terlihat lebih dominan pada bangsa romawi yang menciptakan patung serta bangunan-bangunan megah dengan arsitektur yang sangat hebat dan dipadukan dengan imajnasi para penduduk serta perkembangan budaya yang mendukungnya.
Pada dasarnya evolusi budaya-lah yang membuat manusia menjadi yang sekarang ini dengan proses yang panjang dan perkembangan pemikiran manusia yang ingin berubah lebih baik dari sebelumnya. Dengan memanfaatkan imajinasi mereka yang menyebabkan perkembangan ilmu dan teknologi dalam era sekarang ini.
Hubungannya cerita ini yaitu, semakin tua bumi ini, semakin banyak perubahan yang ada. Kita tinggal di bumi ini memiliki sejarah. Contohnya sejarah Terbentuknya bumi ini kita dapat mengetahuinya karena adanya sejarah yang menceritakannya. Adanya bumi ini, karena adanya pula kehidupan, perkembangan, dan kemajuan dari jaman ke jaman. Dari jaman ke jaman itulah, bumi semakin berkembang. Hal ini didukung oleh, manusia yang sudah memiliki daya pikir yang cukup tinggi untuk memajukan dirinya, dan lingkungan yang ditempatinya. Kita sebagai manusia yang menempati lingkungan bumi, kita harus menjaganya dan merawatnya bukan merusaknya. Kita harus menjaga alam smesta ini agar bumi kita tetap bertahan lama,agar para keturunan-keturunan kita masih bisa menikmati indah nya bumi pertiwi ini.
0 komentar:
Posting Komentar